J.A.R.V.I.S: Si Komputer Hologram Tony Stark




(BERITA)
Rekan-rekan penonton setia Iron Man pasti udah kenal J.A.R.V.I.S dong? Itu loh, digital assistant-nya Tony Stark yang berupa sebuah aplikasi (atau operating system?) komputer yang melakukan semua perintah (data processing, robot functioning, mechanical controlling, hacking, dll) dengan input berupa suara dan display hologram. Canggih ya? Namun sayang J.A.R.V.I.S saat ini hanya sebatas “rekaan” dari pembuat film Iron Man.


Percaya atau tidak, kita sudah menapaki langkah menuju J.A.R.V.I.S yang sebenarnya, dengan fungsionalitas dan kecanggihan yang –yaaah meskipun belum mirip tapi– sudah mendekati. Apa saja teknologinya?
Voice Command. Siapa yang tidak mengenal Siri (Apple iDevice voice command utility)? yang semakin hari semakin disempurnakan. Bahkan teknologi ini sudah semakin merakyat, Samsung juga membuat fitur yang sama pada Samsung Galaxy SIII dengan membuat S-Voice.
Hologram Input. Meskipun belum dalam skala yang luas sampai tahap 3D display modelling, minimal hologram input dalam bentuk keyboard virtual sudah dibuat dan dipasarkan. Silahkan cek di virtual-laser-devices.com dan di coolest-gadgets.com untuk contoh komersilnya.
Cloud Computing. Agak berat klo dibahas, yang minat dan pengen tahu silahkan baca di Speedy Wiki (web Speedy Wiki ini dikelola oleh om Onno W. Purbo).
Trus apa lagi ya? Trus kapan ya bisa terwujud? We’ll see! (ah, jawaban klasik..hehe).. :D

author

Yakobus Rhio Widodo

jangan lupa kunjungi terus yakobusrw.blogspot.com :)

Get Free Email Updates to your Inbox!

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung.

Oleh Yakobus Rhio Widodo. Powered by Blogger.

www.CodeNirvana.in

Copyright © Belajar Dari Pengalaman | Distributed By My Blogger Themes | Designed By Code Nirvana