Laporan Wawancara dengan Guru

          Nama lengkap Bu Melania adalah Melania Kinanti Larasati Kesumo Wardhani. Bu Melania Lahir di Bogor pada tanggal 13 Agustus 1985 tapatnya di Rumah Sakit Melania yang ada kaitannya dengan nama Bu Melania sendiri. Ayah dari Bu Melania bernama Riyagung Wisnu Wardhana berasal dari Banjarmasin, hidup di Magelang dan setelah mempunyai anak Bu Melania beliau menetap di Yogyakarta. Ibu dari Bu Melania bernama Suprapti berasal dari Jepara dan menetap di Yogyakarta. Bu Melania merupakan 2 bersaudara, mempunyai kakak bernama Benedict Putri Ayu Kesumo Wardhani. Kakak dari Bu Melania sekarang berumur 30 tahun, sudah bersuami dan mempunyai satu orang putra. Kakak dari Bu Melania tinggal di Perumahan Petir.Sekarang Bu Melani berumur 29.
Bu Melania menikah pada tanggal 26 April 2012 dengan Antonius Gusti Prima Supratman atau yang akrap di panggil Gusprim. Pada tanggal 25 April 2013 Bu Melania dikaruniai seorang putra bernama Raphael Bramantia Puntadewa,
Raphael berarti Malaikat Raphael yaitu malaikat penyembuh dan penunjuk jalan, nama Raphael ini merupakan tekat Bu Melania sejak masih gadis karena sewaktu muda Bu Melania pernah melakukan operasi penyakit kista dan berniat jika dikaruniai seorang anak akan diberi nama Raphael. Bramantia berarti semangat kesatria dan Puntadewa merupakan tokoh idola sang suami yang memiliki sifat penyabar dan mengasihi saudaranya lebih dari dirinya sendiri. Saat ini Bu Melania tidak mempunyai rumah karena sekarang Bu Melania mengontrak rumah di daerah Probolinggo, Gulon, Salam, Magelang.
Bu Melania mulai sekolah di tingkat TK pada usia tiga tahun di sekolah TK dekat rumahnya. Namun karena ------ akhirnya Bu Melania pindah ke TK Kartini Gentan --- yang beralamat di Jln Kaliurang km 13 pada usia 4 tahun. Setelah lulus dari TK Bu Melania melanjutkan ke SD Peramnas 2 selanjutnya pindah ke SD Kanisius Condong Catur dan lulus pada tahun 1997. Selanjutnya Bu Melania melanjutkan ke tingkat SMP di SMP Negeri 1 Depok, Sleman dan lulus dengan NIM 40. Setelah lulus dari SMP Negeri 1 Depok Bu Melania mendaftar ke SMA Negeri 9 namun tidak masuk. Setelah bingung mencari sekolah akhirnya orang tua Bu Melania mendaftarkan Bu Melania ke SMA Steladu C 1 dan akhirnya Bu Melania lulus SMA pada Tahun 2003. Selanjutnya Bu Melania melanjutkan ke Univesitas Sanata Dharma, Yogyakarta dan lulus pada tanggal 14 Mei 1998 namun diwisuda pada Desember 2008. Selama menganggur Bu Melania sempat magang di Sekolah Percontohan di Sleman untuk bagian tumbuh kembang anak selama tiga bulan yaitu dari bulan Agustus, September, Oktober. Pada bulan November Bu Melania banyak mengajukan lamaran pekerjaan ke daerah Pati, Semarang dan Solo. Akhirnya Bu Melania diterima di PT Garuda Food, Pati, namun karena terlalu jauh Bu Melania pun mengundurkan diri. Sangat kebetulan pada saat Bu Melania berkunjung ke kampus untuk legalisir ijasah Bu Melania melihat ada lowongan perkerjaan di SMA Pangudi Luhur di Yogyakarta, karena tertarik Bu Melania pun mengajukan lamaran pekerjaan pada pertengahan bulan November. Saat bermain ke Semarang Bu Melania mendapatkan panggilan untuk mengikuti tes guna masuk Pangudi Luhur, karena tidak membawa baju ganti Bu Melania pun meminjam baju milik tantenya sendiri. Akhirnya Bu Melania mulai mengajar di SMK Pangudi Luhur Tarsisius 1 Semarang pada tanggal 1 Februari 2009. Karena -------- Bu Melania pun mengajukan mutasi ------ dan pada tahun ajaran 2012/2013 Bu melania pun tiba dan mulai mengajar di SMK Pangudi Luhur Muntilan. Menjadi Guru Bimbingan Konseling merupakan jawaban dari doa Bu Melania sendiri-----------. Selama menjadi Guru Bimbingan Konseling Bu Melania mempunyai duka yaitu saat melihat siswa berbikit pendek dan tidak memikirkan hal-hal apa yang akan terjadi sebelum melakukan sebuah tindakan.
Bu Melania memiliki hobi membaca dan buku favoritnya adalah tujuh seri tentang Narnia. Makanan kesukaan Bu Melania adalah bakso dengan minuman apapun itu karena menurut Bu Melania semua minuman sama saja. Bu Melania juga menyukai sebuah lagu yang berjudul Eyes On Me yang dinyannyikan oleh Faye Wong. Lagu ini merupakan soundtrack dari film Final Fantasi 8, selain itu yang spesial dari lagu ini adalah lagu ini merupakan love song kenangan antara Bu Melania dan suaminya.
Saat ini Bu Melania mempunyai tinggi 166 cm dan berat badan 45 kg. Bu Melania mempunyai rencana kedepan untuk terus mengabdikan diri sebagai guru bimbingan konseling di SMK Pangudi Luhur Muntilan. Menurut Bu Melania bekerja merupakan aktualisasi diri -----. Saat masih sekolah Bu Melania bercita-cita untuk menjadi seorang dokter. Untuk hal sekolah Bu Melania mempunyai pengalaman yang mengesankan tersendiri yaitu pernah hampir tidak naik kelas gara-gara nilai matematika 4 namun terselamatkan oleh nilai Bahasa Ingris yaitu 9. Saat masih SMA Bu Melania sempat menjadi anggota Marcing Bell selama tiga tahun. Selama menjai anggota Marcing Bell ini Bu Melania pernah tampil di televisi sebanyak dua kali. Selain itu grup Marcing Bell Bu Melania sempat masuk pada acara Lucky Golden Bell. Karena Bu Melania dan kakaknya sangat patuh kepada kedua orang tua mereka maka saat SMA Bu Melania belum pernah mempunyai pacar, Bu Melania dan kakaknya baru mempunyai pacar pada saat kuliah semester dua.
Yang menjadikan Bu Melania tetap semangat untuk bekerja dan menjalani hidup adalah tujuan hidupnya sendiri, yaitu Bu Melania ingin membanggakan kedua orang tuanya terutama ibuny yang Bu Melania anggap sebagai pahlawan. Ibu dari Bu Melania sangat menyayangi Bu Melania, salah satu peristiwa dengan ibunya yang masih terngiang-ngiang adalah peristiwa saat Bu Melania dinyataka oleh dokter mengidap penyakit kista. Saat itu ibu dari Bu Melania tidak menyalahkan orang lain, dia justru menyalahkan dirinya sendiri yang menurut anggapannya kurang memperhatikan Bu Melania pada saat itu. Selain semangat Bu Melania juga mempunyai ambisi, ambisi Bu Melania dalam mengajar adalah melihat siswa berprilaku yang baik karena perilaku seseorang mencerminkan pribadi seseorang tersebut dan pada akhirnya akan bisa di terapkan di dunia kerja. Ambisi lainnya adalah ambisi untuk hidup, seperti tujuan hidupnya ambisi hidup Bu Melania adalah membuat bangga kedua orang tua, terutama ibu.
Bu Melania memiliki pesan untuk siswa di SMK Pangudi Luhur Muntilan yaitu semoga bisa lebih berfikir untuk diri sendiri namun bukan berarti egois namun lebih memikirkan tidakan dan perilaku diri sendiri. Berperilakulah yang baik karena bisa membuat hidup menjadi lebih baik.
author

Yakobus Rhio Widodo

jangan lupa kunjungi terus yakobusrw.blogspot.com :)

Get Free Email Updates to your Inbox!

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung.

Oleh Yakobus Rhio Widodo. Powered by Blogger.

www.CodeNirvana.in

Copyright © Belajar Dari Pengalaman | Distributed By My Blogger Themes | Designed By Code Nirvana